Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelajahi Bawah Laut Pulau Flores Indonesia

Info NTT. Bawah Laut Pulau Flores. Menjelajahi Bawah Laut Pulau Flores. Flores dikelilingi oleh salah satu lingkungan laut terkaya yang ada di dunia dan menawarkan keunikan pengalaman menyelam dan snorkeling.

Taman Nasional Komodo (Flores Barat) adalah salah satu daerah yang paling populer untuk menyelam dan snorkeling. Para ilmuwan menggambarkannya sebagai salah satu habitat laut yang paling beragam di Bumi.

Taman ini memiliki berbagai hutan mangrove, rumput laut, bank pasir, gunung laut, teluk yang semi tertutup, habitat dalam air, dan berbagai jenis terumbu karang yang semuanya mendukung kumpulan spesies laut sendiri yang unik.

Di sini Anda dapat menemukan lebih dari 1.000 spesies ikan, 385 jenis karang terumbu-bangunan, 105 spesies krustasea, 70 spesies spons, sepuluh spesies lumba-lumba, enam spesies ikan paus, penyu hijau dan penyu sisik, dugong, dan berbagai jenis hiu dan sinar.

Beberapa situs menyelam Komodo yang terkenal adalah dengan mengunjungi pari manta yang elegan, dengan 40 atau lebih individu berkumpul di satu tempat. Bayangkan dikelilingi oleh sekelompok ikan terbang, berputar, bermain bersama manta selama Anda inginkan namun tetap perhatkan faktor keselamatan.

Keindahan Bawah Laut Pulau Flores Indonesia
Pemandangan Bawah Laut Pulau Flores

Teluk Maumere (Flores Timur) dan Riung atau 17 Pulau (Flores Barat) adalah daerah lain yang menawarkan lingkungan laut unik yang beragam, dengan keuntungan tambahan bahwa tempat-tempat tersebut masih sangat jarang bahkan sedikit sekali dikunjungi.

Maumere Bay sangat terkenal menjadi spot untuk menyelam yang luar biasa, di mana ikan kalajengking, gurita mimic, wonderpus, cumi-cumi ekor yg dipotong, udang kerangka, ikan tawon, pipa kuda, ikan katak, ghost pipefish, kuda laut kerdil, dan ikan berwarna-warni serta mandarin kawin saat matahari terbenam, hanya ada beberapa hewan yang bisa diamati pada saat malam mulai berjalan.

Total ada sekitar 30 lokasi penyelaman di Teluk Maumere, termasuk tempat di sekitar rantai Pemana Island.

Jika Anda tidak ingin mencoba scuba diving, Anda juga bisa snorkeling di banyak tempat indah di sekitar Flores - seperti pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo, Kepulauan Pemana di Teluk Maumere, atau sekitar Riung 17 Pulau Marine Park.

Perjalanan dapat menjadi sempurna jika dikombinasikan dengan island-hopping atau menginap semalam di pulau masing-masing, pulau tersebut berlokasi sangat dekat satu sama lain. Ingatlah, meskipun pada sebagian besar pulau-pulau itu tidak memungkinkan untuk menyewa peralatan snorkeling.

Pilihan terbaik adalah untuk menyewa peralatan tersebut sebelumnya untuk periode yang agak lama di Labuan Bajo atau Maumere. Anda juga harus meminta operator selam dan situs yang cocok untuk perenang snorkel.

Posting Komentar untuk "Menjelajahi Bawah Laut Pulau Flores Indonesia"